"dek
di und*p tu gak ada ospeek, adanya PMB".
"udalaah
ikuti aja serangkaian acaranya".
"halaa
salah sitik rapopo laah, anggap wae pengalaman".
"tenaang,
fakul mu ki rag abot2 kok".
blah
blah blah blah -_________-
***
yaah mungkin itulah gambaran
serangkaian galao nya maba [MAhasiswa BAru] ketika mo menjalani detik-detik
ospek #eh PMB
***
disini aku mo cerita dikit tentang masa 'deg2an'nya para mahasiswa
baru, ato sering dipanggil MABA.
kalian pasti tau kan gimana bingung dan repotnya para mahasiswa
baru yang notabenya sebagai anak KOS dan betapa awamnya mereka di tempat baru ?
#oh my God itulah diriku ._.
ya ampun tentang kos, aku mo cerita dikit yag. #ehem
di tempat kos ku, aku merasa ini bukankah kos, tapi lebih mirip
apartemen *hawah sok mudeng apartemen
tapi beneran deh, ini tu kos beneran joss. tapi yaaaaa ada uang
ada barang -.-
aku ma temenku, Dahlia, dateng kemari [semarang] hari sabtu, 25
Agustus '12. Aku yang notabenya baru pertama kalinya keluar rumah untuk waktu yang
lama , aku cuman dititipin ma ibuk temenku. Maksudnya, orangtua ku kagak
nganter, tapi akunya cuman dititipin ke ibuk temen.
Mpe
di semarang blah blah uda nempatin kamar. Barang masuk kamar semua, dan rasanya
itu hwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa kaya kapal pecah gilanik bangeeeeed
Uda
agak lama kluarga dahlia pamitan pulang. Abis tu aku ma dahlia langsung
bereaksi, bongkar barang ini itu nata barang ini itu . rawr capeknya
Besok paginya
Aduuuh
apaan nih kog rame banget. Tyta anak2 kos ku masih pada ditungguin sama
‘mami-mami’nya. Yang ternyata juga kebanyakan di kos ku ini anak jekate -.-
***
Udah
ah balek ke topik.
Hari
pertama yakni Senin, 27 Agustus 2012 diisi dengan acara upacara penerimaan
mahasiswa baru universitas Diponegoro 2012/2013. Upacara bertempat di stadion
undip.
Mulai
upacara dijadwal itu jam tgah 8. Yaa secara nalar gw bakalan berangkat jam 7an
lebih doong. Tapi ternyata, [emang ya anak solo ma anak jekate, beda banged
-____- ] anak kos2an ku itu berangkat jam TENGAH ENAM ! bayangin aja cobak :o
Jam
5 mereka uda pada dandan2, uda pada makan2, tinggal siap berangkat. Nah kamar
ku ?? kita jam 5 itu baru bangun cuy !! >,<
Gw
yang baru aja bangun langsung marah-marah sensi banged o.O . gimana gak marah
cobaak, mulai upacara jam tgah 8 og jam tgah 6 uda pada ribeeeeeeeeeet !!!
Lanjut
ajah, mpe sana upacara gak dimulai2. Trus panas banget lagik .hiiih
Trus
uda dimulai, uda bener2 hikmad nih. Mulai dari pembukaan, sorak tepung tangan,
nyanyi-nyanyi, serah terima maba , serah terima taneman, dll.
Dan
tapi, tau gak yang bikin aku bener2 marah, itu cuman GLADI BERSIH !! #sontak
kaget, secara di SMA dlu gak pake gladi2an gini buat upacara hiihi ^^
Udaaa
panaaas banged, gak bawak minum lagik. Satu per satu peserta pada berjatuhan
pingsan. Pengennya jugak pingsan biar dapet minum + makanan haha, tapi gak mau
ah yang mbopong kakak2 cowook -___-
Uda
selesai tuh, kegaloan ku gak bereda jugak. Tau gak kenapa?? Karna aku gak bawak
STNK. STNK tak taruh di dompet, dan saat itu pula aku gak bawak apa2, dompet
sekalipun. Dan lebih parahnya, ngeluarin sepeda tuh harus nyertain STNK !
Aku
ma dahlia uda kebakaran jenggot kebingungan, apa yang sekiranya bisa kita
lakukan -_-
***
Hari
Selasa, 28 Agustus 2012 . upacara fakultas. Kali ini jugak pake gladi, tapi
untunglah sebentar.
Setelah
itu kita dibawak per kelas masing-masing, aku ma dahlia dapet kelas B. Disana
kita nemuin wajah-wajah baru. Wajah-wajah para pengubah dunia #eaaaak ~aamiin
Awal
masuk kita diajarin jargon nya FSM [ Fakultas Sains dan Matematika].
Ketika kakaknya bilang : SCIENTIST MUDA BANGSA !!
Maka kita jawab : YES FOR SCIENCE ! WOW!
#harus dengan mimik mukak yang sumringah ! gak boleh ditekuk
mukanya :D
Di
sesi kali ini kita dijelasin tentang PERAK (Peraturan Akademik) , SKS , dkk. Sesi
ini diisi sama bapak Subagyo selaku PDI (Pembantu Dekan I ). Bapak menjelaskan
kalo di kampus ini gak hanya mengajarkan tentang pelajaran pelajaran ajah. Tapi
juga di didik untuk mendapatkan SOFT SKILL ! ingat SOFT SKILL!!
I
HAVE A SOFT SKILL !!
Soft
skill itu sangat berguna untuk pembentukan jati diri. Jugak berguna ntar kita
pas uda keluar dan nyarik pekerjaan. Soft skill penting banget tuh. Inget ,
PENTING!
Dan
ini nih yang bikin aku jadi semangat dan yakin di FSM ! “hilangkan presepsi
kamu kalo di mipa itu hanya bisa jadi doseeeen ! -_____-
Inget,
di mipa itu gak harus jadi dosen kog, tapi jadilah SCIENTIST !
SCIENCE
itu harus diterapkan. Di kampus, kita di bimbing untuk jadi scientist ,
penerapan science J
Pertama
TEKANI
! FOKUS
! dan keluarkan INOVASI
!! #can you ?
***
Di
matematik itu ada 144 sks cuy. Dan ttg TOEFL, kita lulus harus dgn min. nilai 400 !! o.O
***
Hari
selanjutnya kita dijurusin ke jurusan masing-masing. Woow gilaaak kumpul bareng
anak-anak matematik tuh. Anaknya sangar-sangar, yaah uda mulai gak pede lagi nih L
Nah,
disana tuh kan yang mbukak dan ngisi kan mas-mas dari angkatan 2010. Namanya Mas
Iqb*L kayae . Lo tau gak sih? Wajahnya itu
bener2 miriiiiiiiiiiipppppp banget sama pak Joko [ pak guru matematik SMALSA ]
hlooh :D
Dari
pawaane yang kecil, wajahnya yang imut2 gimanaa gtu #eh, trus kumis nya jugak #tapi jenggotnya enggak hihiii,
sama suaranya yang khas gedeee banget :D
Disana
diajarin, dan harus wajib kudu ngehafalin Mars Matematika . ini nih :
BATALYON
MATEMATIK
BATALYON
MATEMATIK ALL THE WAY
BATALYON
MATEMATIK ALL THE WAY
BATALYON
MATEMATIK PALING JAYA MATEMATIK
BATALYON
MATEMATIK ALL THE WAY
ALL
THE WAY
MARI
BELAJAR MATEMATIKA
BERMAIN
ANGKA SERTA LOGIKA
KAMI
INI MATEMATIKA
KAMI
ANDALKAN KEKUATANNYA
MARI
TEMPUR, MARI GEMPUR, MARI TAWUR
KITA
BERJUANG TAK KENAL MUNDUR
DADA
INI SELALU MEMBUSUNG
SEMUA
LAWAN MATI KUPENTUNG
BATALYON
MATEMATIK ALL THE WAY
BATALYON
MATEMATIK ALL THE WAY
BATALYON
MATEMATIK PALING JAYA MATEMATIK
BATALYON
MATEMATIK ALL THE WAY
ALL
THE WAY
GO MATEMATIK !
GO..GO..GO..GO..GO................!
Nyanyi
harus sambil berdiri, tepuk tangan dan menghentakkan kaki :O
Abis
ntu dikenalin tentang BEM, UKM, HM beserta biro-biro nya. Aku pengeeeeeen
banged ikut MADANI [rohis]. Tapi aku ngerasa belom siap L . aku liat mbak-mbaknya pada pake rok rok jilbab gede. Sedang
aku ? aku masih sering pake celana -.- . gek tentang jilbab, aku jugak belom
siap pake jilbab gede2, aku masih merasa enjoy dengan jilbab yang biasa2 [gak
panjang2 amat, gak pendek2 juga, yang penting syar’i].
Kalo
bem, ngerasa gak terlalu minat aja aku nya. Trus EC, pengen aku jane, nerusin
SMA, tapi belom kepikiran-kepikiran banget. Trus ASMAT, pkoknya tentang
penerapan matematik gitu, riset-riset. Hmm otaak ku gak terlalu nyantol ma gituan -__- . ini nih
yang mungkin 60% aku uda agak yakin. MCC ! MCC menampung bagi mereka2 yang
sukak.e otak atik komputer. Haha :D
***
Hari
selanjutnya (kayae), kelasku diisi sama bapak namanya Nur B*syid. Bapaknya ngajar
kimia #yaah gak diajar doong.
Bapaknya
ngisi tentang apa yaa , aku lupaak :|
Pkoknya
bapaknya itu kereeeeen banget, dari ngomong itu uda keliatan berwibawa banget. Aku
seneng banget ngliat bapake pas bicara hehe. Bikin gak ngantuk og, hla bapak2
yang laen ngomong tuh bikin ngantuk ngiler -.- .kalo bapaknya yang ini masih muda,
berwibawa kalo ngomong, gek uda pernah PENELITIAN di pulau mana gitu cobak :o
#kereeeen. Katane untuk sampek ke tempat penelitian.e itu butuh waktu selama 2
minggu o.O, jadi bapake naek kapal itu selama 2 minggu hohoho. Selaen itu
bapake jugak uda pernah ke LIPI. LIPI cuy lipi, pengeeeeeeeeeeen bangeeeeeeeeetttt
aku >,<
***
Pernah
jugak di puterin tentang film dokumenter PANGERAN DIPONEGORO. WOOOW banget film
nya, bikin trenyuh :’)
Abis
di puterin film itu, hilanglah ribuan pertanyaan di otakku ini.
Kenapa namanya DIPONEGORO?
Knapa bisa?
Kan Pang. Diponegoro itu lahir dan
berjuang di jogja, trus gugur di luar jawa (lupa, kalo gak kalimantan ya
sulawesi).
Sekarang
aku tau, Universitas ku itu bisa dikasih nama Diponegoro, ternyata itu adalah
pemberian dari seorang kepala negara RI yang pertama kali, Ir. Soekarno. :’D
***
Hari
terakhir PMB ntu hari jum’at. Per kelompok itu suruh buat poster bertemakan “apa
hubungannya antara (kayae) CINTA, ILMU DAN WIRAUSAHA”.
Uda
mo ndeketin pulang, kita semua perpisahannya itu nyanyiin hymne sama mars
Undip. Ihh hikmad banged. Abis itu nyanyi2 gak karuan gitu, pokoke seruu banged
:’D
Naah
terakhir2, kakak senior mulai angkat bicara, biasalah kata2 perpisahan gitu. Ada
to kakak senior matematika ’11 namanya mas N*ufal. Dia cerita, kalo dia tu
awal-awal emang gak ‘sreg’ ada di FSM undip (yaa mungkin efek pilihan ke2). Tapi
lama-lama dia suka, dia bisa adaptasi, dia enjoy, dia mulai sedikit demi
sedikit mencintai apa yang dia miliki sekarang, dia mulai aktif di organisasi2.
Dia bilang kalo apa yang dihadapanmu itu sekarang, ya itulah hidupmu. Entah kalian
nrima FSM ini setengah hati, masih nyesel, dan entah apalah, tapi inget itulah
yang kalian punyak, itulah yang sekarang ada dihadapan kalian. Entah kalian
tahun depan mo nyoba lagi, itu terserah kalian. Tapi yang penting yang sekarang
ada yaudah cintailah dia, mulai sukai. Pokoke fokus dengan yang ada dihadapan
kalian :D #dengan
segala perubahan dan tambahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar